KANTIN SEHAT SMP NEGERI 2 KUTOREJO

SMP Negeri 2 Kutorejo merupakan sekolah yang para siswanya mendapat pendidikan akademis dan normatif. Agar menghasilkan siswa yang berprestasi dan berkarakter baik, antara pendidikan akademis dan normatif harus seimbang. Salah satu pendidikan yang normatif di SMP Negeri 2 Kutorejo adalah mewujudkan siswa sehat melalui pembuatan kantin sehat, yang telah di resmikan tahun 2015. Kantin sehat yang ada di SMP Negeri 2 Kutorejo berupaya mewujudkan siswa yang sehat untuk mencetak generasi emas. Mengapa kantin sehat? Karena warga SMP Negeri 2 Kutorejo menyadari untuk mencetak generasi emas dimulai dengan tubuh yang yang sehat, dan menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk rasa syukur yang ditujukan kepada Tuhan YME oleh kita semua.

Letak kantin sehat SMP Negeri 2 Kutorejo sangat strategis, sehingga mudah di jangkau oleh semua kelas maupun ruangan guru. Kantin sehat ini mewajibkan penjual menjual makanan dan minuman yang bebas 5P (penguat rasa, pemanis, pengawet, pewarna, dan pengental). Tentunya tidak hanya makanan yang bebas 5P, namun semua peralatan yang ada di kantin SMP Negeri 2 Kutorejo bebas dari sampah plastik maupun kertas, karena semua makanan dan minuman di jual dengan peralatan piring dan gelas pakai-cuci yang disediakan oleh pihak kantin.
Para siswa maupun guru yang membeli makanan di kantin tidak perlu ragu akan kesehatan makanan, karena kantin sehat SMP Negeri 2 Kutorejo sudah bekerja sama dengan pihak Puskesmas setempat untuk proses pengecekan kesehatan makanan yang ada di kantin. Sebulan sekali diadakan pengecekan makanan yang dijual di kantin oleh para guru SMP Negeri 2 Kutorejo agar benar-benar patuh untuk mewujudkan kantin yang sehat dan ramah lingkungan. Dengan sistem pembelian yang unik yakni siswa yang akan membeli makanan minuman yang ada di kantin harus menggunakan voucher. Tempat kantin bagi makan siswa juga dibuat semenarik mungkin dengan lukisan mural atau slogan agar nuansa tidak nampak membosankan. Jadi SMP Negeri 2 Kutorejo bersama-sama membangun generasi yang sehat dengan membudayakan hidup sehat bersama kantin sehat. 

Pages